Pentingnya Letak Perusahaan
Letak
perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana
perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan
perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.Dengan
semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini
bermunculan,maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan
dengan cara coba-coba.Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam
bersaing;disamping waktu harus berpacu,juga efisiensi di bidang biaya perlu
mendapat perhatian.Oleh karena itu pemilihan letak perusahaan ini harus
dilakukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang
kongkrit dan lengkap.
Jenis Letak Perusahaan
Ada
4 jenis letak perusahaan :
Letak perusahaan yang terkait pada alam
: Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh ketersediaan sumber dari alam.
Sebagai contohnya : Perusahaan Tambang, Perminyakan.
Letak perusahaan
berdasarkan sejarah: Dalam hal ini perusahaan menjalankan aktivitasnya di
daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah.
Sebagai contoh Perusahaan Batik Solo dan Yogyakarta.
Letak perusahaan yang
ditentukan pemerintah : Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana
perusahaan menjalankan aktivitasnya.
Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh
faktor-faktor ekonomi : Pada umumnya
jenis perusahaan ini bersifat industri.Disini ada beberapa faktor yang perlu
dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan. Faktor-faktor yang
berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan yang
bersifat industri adalah kedekatan dan ketersediaan bahan mentah, ketersediaan
tenaga air, ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, kemudahan
transportasi serta kedekatan pasar, dan kesesuaian iklim.
Cara
penentuan letak perusahan
2 Cara menentukan Lokasi Perusahaan:
2 Cara menentukan Lokasi Perusahaan:
- Cara kualitatif
- Cara kuantitatif
-
Cara kualitatif:Dengan cara ini diadakan penilaian secara kualitatif terhadap
faktor-faktor yang dianggap relevan atau memegang peranan pada setiap pilihan
lokasi.
-
Cara kuantitatif:Dengan cara ini hasil analisis kualitatif dikuantifikasikan
dengan cara memberikan skor(niali)pada masing-masing kriteria.
Adapun teori Alfred Weber,dalam teorinya
mengemukakan ada dua faktor yang mempengaruhi penetapan lokasi perusahaan,yaitu
:
- 1 Biaya pengangkutan
- Biaya tenaga kerja
Visit Us sgt menarik tngktkan lg
BalasHapus